mencari nama untuk anak

“What’s in a name? That which we call a rose by any other name would smell as sweet.”

apalah arti sebuah nama …. demikian kata om shakespeare soal nama. saya pribadi termasuk orang yg tidak begitu mementingkan makna apa dibalik sebuah nama apalagi nama saya juga ga bagus-bagus amat alias ga terlalu istimewa/unik :). namun ketika tiba giliran saya diberi tanggungjawab untuk mencari nama bagi anak saya yang sebentar lagi akan lahir maka tiba-tiba saja persoalan mencari nama dan makna nama menjadi persoalan yang cukup menyita waktu dan konsentrasi :) apalagi dengan pertimbangan kesesuaian/keserasian makna dibalik nama, nama kecil, nama baptis plus marga ..halah.. satu hal yang hampir pasti menurut hasil USG jenis kelamin anak saya adalah laki-laki sehingga cukup membantu dalam arti saya bisa exclude nama-nama semacam : chyntia, sarah, yanti, siti, dan sejenisnya. namun pun demikian dari sekian banyak kriteria dan alternatif nama-nama bayi laki-laki hingga kini belum pasti mana yang akan diambil :( memang ternyata banyak sekali alternatif nama-nama yang bagus-bagus semacam george, revaldo, jack dll cuma kayaknya ga sreg juga kalo sekedar enak didengar. keluarga (terutama istri) maunya selain enak didengar juga bermakna ..halah…

lalu saya mencoba mencari bala bantuan di internet via google dengan keyword ‘tips + nama anak’ dan saya menemukan ‘9 tips memberi nama anak’ yang ternyata sudah tersebar di banyak lokasi (blog, situs, milis, dll) dan ga tau siapa yg pertama kali ‘menciptakan’ tips ini. kira-kira begini isi ke 9 tips tersebut :

1. Nama itu mengandung do’a.
Nama anak itu cermin harapan orang tua. Nama itu mengandung Do’a.Tetapi do’anya yang singkat saja. Kalau terlalu panjang nanti dikira Tahlil atau Wirid. Kalau dipanggil bukannya nengok, malah bilang “Amiinn..”

2. Nama jangan nyusahin orang Kelurahan
Nama anak mudah dibaca dan mudah ditulis. Meskipun tampaknya bagus,jangan pakai huruf mati yang digandeng-gandeng atau didobel-dobel (mis.Lloyd,Nikky, Thasya dll). Biasanya sama petugas Kelurahan akan terjadi salah tulis dalam pembuatan Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, KTP dll.Nah… nggak enaknya lagi kalo kita minta revisi biasanya kena biaya lagi… dan prosesnya lama lagi.

3. Nama jangan cuma satu kata
Minimal ada First Name, Nick Name dan Family name gitu loh…. Ini penting terutama kalo pas lagi ngurus Paspor atau Visa. Nggak jadi berangkat ke Amrik hanya gara-gara namanya cuma Prakoso atau Pamuji atau Paryono khan esiaan…

4. Nama jangan terlalu panjang
Nama yang panjang bererot bisa bikin susah si pemilik nama. Disamping susah ngingetnya, juga ngerepotin waktu ngisi formulir pendaftaran masuk Perguruan Tinggi Negeri (dulu UMPTN). Itu lho..yang ngitemin buletan-buletan pakai pensil 2B. Capeek khaan… Nama panjang seperti Siti Hartati Riwayati Mulianingsih Adiningrum Mekar Berseri Sepanjang Hari…. adalah sangat-sangat not-recommended.

5. Nama anak bersifat internasional
Anak kita hidup dimasa depan, di era globalisasi dimana hubungan dengan dunia internasional amat sangat intens. Jadi jangan mempersulit anak dengan nama-nama yang sulit di-eja. Nama Saklitinov msalnya orang Jepang nyebutnya Sakuritino, orang Sunda bilang aktinop orang Amrik bilang Sechlaytinove… Syusah khaaannn Padahal maksudnya Sabtu Kliwon Tiga November…

6. Ketahuilah arti nama anak
Ketahuilah arti nama anak. Jangan memberikan nama hanya karena enak diucapkan atau bagus ditulisnya. Nama Jalmowono memang sepintas enak diucapkan dan bagus kalo ditulis tetapi ketahuilah bahwa Jalmowono itu artinya Orang Utan.

7. Jangan pakai nama artis.
Nama artis memang bagus-bagus, cuma masalahnya kalau artis itu kelakuannya baik… lha kalau jadi bahan gosip melulu khan jadi beban juga buat si anak. Lagian pakai nama artis itu tandanya anda gak kreatif dalam bikin nama.

8. Abjad huruf pertama nama anak.
Huruf pertama “A” pada nama anak ada enak gak enaknya. Gak enaknya kalau pas ada ujian/test/wawancara sering dipanggil duluan. Gak sempet nanya-nanya ama temannya. Tapi kadang-kadang juga pas giliran dapat pembagian apa gitu, dapetnya juga sering duluan. Sebaiknya ambil huruf pertama itu antara D sampai K. Cukupan lah… Huruf depan Z… wah.. biasanya adanya dibawah…

9. Jangan sok Kebarat-baratan
Jangan memberi nama anak dengan bergaya kebarat-baratan, biar dibilang keren. Kudu diinget, anda lahir dibumi Indonesia, orang Indonesia, kultur ya tetap orang Indonesia. Kalau nama keindo-indoan, tapi mukanya ya melayu-melayu juga, malu sendiri kan, anaknya ya ortunya.. Lagian kalo kejepit toh bilangnya “adawww….” bukan “Oh my God..”

plus 7 tips dari http://www.infoibu.com berikut ini :

1. Indah di dengar dan serasi.
Pilihlah nama yang terdengar indah sewaktu diucapkan dan serasi dengan nama keluarga anda, bila anda menggunakan nama keluarga dibelakang nama yang akan anda pilih.

2. Unik
Memilih nama yang unik tetap ok asalkan i tetap indah didengar, serasi dan mudah diucapkan. Unik tidak berarti menjadi nama yang terdengar aneh atau sulit diucapkan.

3. Makna Positif dalam kehidupan.
Memilih nama yang mengandung makna dan arti yang positif untuk kehidupan, ini salah satu yang penting, jangan memberi nama yang mengandung arti dan makna buruk. Ingat nama ini akan dibawa selamanya oleh anak anda.

4. Nama panggilan yang mudah
pilihlah nama yang mudah untuk mengambil nama singkat atau panggilan sehari-hari.

5. Pengucapan Yang Mudah.
Pilihlah nama yang mudah untuk diucapkan.

6. Memilih nama bagi anak laki dan perempuan
Pertimbangkn untuk memilih nama yang menunjukkan jenis kelamin yang jelas.

7. Tampunglah semua ide-ide nama yang ada dengan suatu daftar list, bisa dari majalah, tv, atau keluarga dan teman anda. Sebaiknya JANGAN memberitahu dahulu keputusan nama yang akan anda berikan kepada siapapun sampai kelahiran si kecil anda. Dan JANGAN membiarkan siapapun memaksa anda untuk memberikan nama yang anda tidak suka.

other resources (mungkin berguna juga buat rekan/teman yg sedang pusing cari nama buat anak :) ) :

- http://www.babynames.com
http://www.thinkbabynames.com/
http://www.babycenter.com/babyname
http://www.babynameguide.com
http://www.jasaumum.com

hmm… tips-tips nya bagus-bagus juga.. cuma masih bingung nih mau kasi nama apa .he.he.he.. ada idekah?

Nadia Jr

Kalo namanya “Marsa Nadia Ramadhani“, menurut anda?

Tagged:

16 thoughts on “mencari nama untuk anak

  1. cak lentho 15 Januari 2008 pukul 1:09 am

    kalo namanya husna loka larasati, rahmania okta sekarati, salma ratnasari melati…mohon dibahas dong. tku

  2. cak lentho 15 Januari 2008 pukul 1:14 am

    kalo anakku namanya HUSNA LOKA LARASATI, RAHMANIA OKTA SEKARATI dan SALMA RATNASARI MELATI.. mohon juga dibahas dong, tku

  3. eksa 17 Januari 2008 pukul 11:17 pm

    nama yang bagus2 itu mas lentho..!! aku rasa nama anak itu mempunyai arti sendiri bagi pemiliknya, walaupun orang lain mengatakan “wah..katrok tuh namanya !! !”.

    HUSNA LOKA LARASATI, RAHMANIA OKTA SEKARATI dan SALMA RATNASARI MELATI.. hmmm, entah knapa pandanganku melihat huruf-huruf terakhir dalam setiap satu kata tiap anak selalu sama (A A I –> kecuali anak yang ketiga, tapi selalu huruf vokal), apa mungkin cak lentho mengharapkan anak yang lembut..!!

  4. 3ex4n 8 April 2008 pukul 4:06 pm

    Thanx Broo…..!!!!!

  5. lentho 8 Juli 2008 pukul 5:12 am

    trims..

  6. eksa 23 Agustus 2008 pukul 8:51 pm

    bro 3ex4n and bro lentho…sama0sama yach :)

  7. 3ex4n 11 April 2009 pukul 3:05 am

    beda brow….

  8. namabayi 28 Februari 2010 pukul 3:59 pm

    Hai semua ayo silahkan pesan nama bayi yang anda inginkan. cukup dengan 50 rb rupiah anda bs mendapatkan 3 nama bayi perempuan dan 3 nama bayi laki-laki. Jika msh belom cocok dengan nama yang berikan oleh kami, anda bs mengkonfirmasikannya dengan kami…

    silahkan sms ke FREYA : 081 380 220 789

    Silahkan klik ini untuk melihat contoh nama http://www.facebook.com/note.php?note_id=354212238972

  9. cari jodoh 19 Januari 2011 pukul 11:41 am

    terimakasih,, untuk Tips nya,,
    dan sangat membantu…

  10. how do you get an ex back 15 Juni 2013 pukul 12:39 pm

    Everyone loves what you guys tend to be up too.
    Such clever work and reporting! Keep up the terrific works guys I’ve included you guys to my own blogroll.

  11. free music video 16 Juni 2013 pukul 4:33 am

    Yes! Finally someone writes about house music listen.
    Users can sleep and their phone music-on after setting up it in
    Auto-Off mode. They have a cool program that allow us to you get as many songs as you like.

  12. soundtrack for film 16 Juni 2013 pukul 5:33 am

    We stumbled over here different page and thought
    I may as well check things out. I like what I see so now i’m following you. Look forward to going over your web page yet again. Thanks to these sites you only pay for the music pieces families want. This is why music download has become such a favorite trend these days.

  13. Kai 19 Juni 2013 pukul 8:56 am

    I do agree with all the concepts you have offered on
    your post. They are really convincing and will certainly work.
    Nonetheless, the posts are very brief for starters. May just you
    please lengthen them a bit from subsequent time? Thank you for the
    post.

  14. ndaru.............aryoto 20 Juni 2013 pukul 11:25 am

    saya mw minta tolong carkan nama yg cocok untuk nama tengah calon anak saya dan saya sdh punya nama depan ndaru ,nama belakang aryoto untuk nama ini bs untuk laki2 dan perempuan…maksih

  15. getting back together with your ex 17 Juli 2013 pukul 1:52 pm

    Very energetic blog, I liked that a lot. Will there be
    a part 2?

  16. how to text women 10 Agustus 2013 pukul 4:40 pm

    Hi this is kinda of off topic but I was wondering if blogs use WYSIWYG editors or if you have to manually code
    with HTML. I’m starting a blog soon but have no coding knowledge so I wanted to get guidance from someone with experience. Any help would be enormously appreciated!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: