Membangun Software House

Dalam sebuah milis, muncul diskusi tentang perbandingan kerja di bidang IT atau bikin software house sendiri. Ada seseorang yang menyampaikan pandangan menarik tentang tips untuk memulai sebuah software house.Buatlah perusahaan real / legal / resmi, artinya anda harus mengurus SIUP, TDP, dan NPWP, karena dengan berbekal NPWP, anda bisa bersaing dengan perusahaan2 untuk mendapatkan tender2 yang dibuat oleh badan / instansi pemerintahan & Customer akan merasa lebih aman karena persh kita terdaftar di Dirjen Pajak. Saat ini buuaaannyyuuuaaakk sekali perusahaan fiktif yang promosi bahwa mereka bisa membuat program ini itu dan yang lainnya tapi mereka tidak akan bisa menembus badan / instansi pemerintahan ( kecuali dapat proyek sub dari perusahaan lain ).

Create a customer list. Artinya setiap kesempatan yang menghampiri anda jangan pernah ditolak, entah itu proyek besar ataupun kecil ataupun cuma proyek perseorangan, karena promosi yang paling mujarab adalah promosi dari mulut ke mulut, mungkin anda sekarang dapat proyek kecil, tapi biasanya kalau customer tersebut suka dengan hasil yang anda tunjukkan, tidak tertutup kemungkinan dia akan merekomendasikan anda ke temannya yang bakal jadi customer anda selanjutnya untuk membuat suatu proyek besar. Semakin banyak customer anda semakin besar kepercayaan orang kepada anda.

Untuk pertama – tama, jika modal anda tidak mencukupi, buatlah program dengan developer yang free, contoh : database menggunakan firebird, postgreSQL atau MySQL atau SQL Server 2005 Express Edition atau Oracle Express Edition, atau PHP.
Selalu gunakan software licensed jika suatu saat ada sidak dari DepKomInfo anda tidak perlu takut dituntut.

Selalu bawa kartu nama anda di dompet & sebarkan kartu nama anda ke setiap orang yang anda temui, entah itu di terminal, airport, café, ataupun di seminar2 yang anda ikuti, karena anda tidak akan pernah bisa menduga kapan anda akan bertemu dengan calon customer anda. Sebuah kartu nama yang ideal adalah : Terdapat logo perusahaan yang mudah diingat oleh orang, buat sebaris slogan tentang perusahaan anda contoh : Sosro Ahlinya Teh, Coca Cola Segarnya Mantap, dll. Selalu sertakan website & email address anda disana. Pastikan tulisan di kartu nama anda terbaca dengan jelas sehingga orang tidak perlu memicingkan matanya hanya untuk membaca. Gunakan warna yang cerah atau foto, selalu gunakan kertas yang mengkilat dan tebal karena ada kemungkinan kartu anda dimasukkan ke dalam tumpukan kartu nama yang lain, orang akan lebih mudah tertarik kepada kartu nama anda, efek psikologis ini memungkinkan anda memperoleh project lebih banyak.

Buat website / minimal blog di internet, sehingga orang2 tahu bahwa ada nama perusahaan anda di dunia ini. Jika memungkinkan beli domain sendiri, saat ini harga domain sangat murah kok, bahkan ada yang cuma 100 ribuan setahun, di depan customer, anda akan terlihat lebih “keren”, meskipun kita yang di bidang IT sama – sama tahu bahwa itu adalah hal biasa, ya nggak ?….

Selalu update pengetahuan & wawasan anda tentang IT dan juga tentang yang lainnya, contoh : jika anda akan membuat program akuntansi, pastikan anda paham tentang akuntansi, jika akan membuat program tentang HRD / payroll, pastikan anda tahu tentang peraturan2 pemerintah & lainnya yang berhubungan. Karena saya percaya bahwa otak kita adalah satu-satunya “HARDDISK” yang tidak ada “MAXIMUM CAPACITY”-nya. Jangan sampai terlihat “o’on” di depan customer waktu mereka ngajak ngobrol kita.

Jika anda mendapatkan sub – proyek dari persh. Lain, pastikan anda boleh memasang nama Customer sebagai customer list kita, atau minimal nama perusahaan pemberi proyek tersebut.

Bersiap – siaplah mengetatkan ikat pinggang karena tidak ada perusahaan yang langsung besar di dunia ini, sesuaikan pengeluaran dengan pendapatan yang anda terima, contoh : William Dell dulunya juga jualan komputer dari rumah ke rumah sampai sekarang dia bisa bikin persh pembuat komputer berdasarkan pesanan yang besar di dunia ini.

Jika perlu, anda merangkap sebagai Direktur, Marketing, Sales, dan Programmer sekaligus dalam perusahaan yang anda pimpin untuk menghemat biaya pengeluaran. Jangan terburu-buru ambil karyawan banyak2 pada awal pendirian anda. Namun sekali lagi, dimata Customer, anda adalah Direktur, so … behave like a Leader.

Bersahabatlah dengan teman anda dan juga Cintailah musuh anda. Lihatlah kelebihan2 yang dimiliki oleh pesaing anda dan pastikan anda bisa membuat karya yang lebih baik, kebanyakan orang hanya melihat kekurangan orang lain dan berusaha membetulkannya, di dunia bisnis itu kurang, dan jika anda hanya berbuat seperti itu, maka anda hanya akan bisa “BERTAHAN” dan tidak bisa “MAJU”.

Jika anda merasa sudah telalu overcapacity karena terlalu banyak proyek, berikan kepada orang yang PALING ANDA PERCAYA dan sebisa mungkin freelancer yang tidak ada kerjaan serta jangan anda lepas 100%, dan selalu bertindaklah sebagai “Qualiti Assurance” yang cerewet dan detail, percuma jika anda memberikan kepada ORANG YANG PINTER tapi pada akhirnya projectnya tidak selesai. Sekali anda cacat dimata customer, selamanya dia akan mengumumkan ke teman2nya bahwa anda adalah orang yang tidak dapat dipercaya.

Ada pepatah Inggris : “We teach some by what we say. We teach more by what we are. We teach most by what we do. Everyone knows you – not by what you say or what you are. They know you by what you do

Pada awal2 pendirian akan banyak sekali masalah yang datang, entah itu dari keluarga, teman, atau bahkan saingan. Perkuat mental anda, bicarakan hal ini dengan keluarga, teman dan yang lain supaya mereka mengerti & minta dukungannya.

Jangan terburu-buru pinjam modal ke BANK, pengusaha yang baik selalu berusaha dari dompetnya sendiri karena anda tidak perlu dipusingkan dengan membayar cicilan hutang.

Ungkapan “PELANGGAN ADALAH RAJA” adalah salah. Anda harus selalu membiasakan diri untuk menganggap “PELANGGAN ADALAH ORANG BIASA” yang perlu kita jadikan mitra / partner / konsultan. Jangan takut untuk membetulkan usulan / pilihan dari customer yang kita anggap salah karena kita memiliki solusi yang lebih baik. Dengan menganggap customer sebagai orang biasa yang juga punya kekurangan baik dibidang informasi atau pengetahuan maka kita akan lebih berhati hati dalam melakukan transaksi dan kita akan dengan sabar mendampingi prospect atau calon customer dalam menentukan pilihan atas produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhannya bukan sekedar yang diinginkannya. Kita pun akan lebih terpanggil untuk tidak bosan menghubungi customer untuk menanyakan apakah dia puas dengan produk/jasa yang dibelinya.

Persiapkanlah administrasi & dokumen2 penunjang bagi perusahaan anda, contoh : template proposal, faktur pajak, company profile, dll. Jangan buang waktu anda percuma dengan mencari arsip yang tidak tertata secara rapi.

Last but not Least. Selalu minta tuntunan dari TUHAN. dalam bisnis ada banyak perkara yang tidak bisa selalu diputuskan oleh kepintaran & kerja keras. Misalnya: bagaimana memilih bisnis yang sesuai, bagaimana memilih investment yang tepat, bagaimana memilih orang orang yang tepat dalam berpartner, bagaimana tahu dan merasakan kalau kamu akan dicurangi pegawai, dan banyak keputusan bisnis penting lainnya. Orang umum bilang, asah saja intuisi kita, tapi saya percaya pertolongan Tuhan memampukan kita untuk lewati semua ini.

10 thoughts on “Membangun Software House

  1. santiaji 20 Agustus 2009 pukul 12:53 am

    nice post,
    yang kurang hanya, langkah-langkah operasional dalam pengerjaan , dan dalam menentukan harga yang layak bagi sebuah software

  2. Budi Adiono 27 Maret 2010 pukul 12:57 pm

    Menginspirasi, menyemangati dan mengingatkan banyak hal… thanks a lot..!!

  3. nabiel doneo 31 Agustus 2011 pukul 9:26 am

    keren tipsnx….

  4. haris 23 November 2012 pukul 2:34 pm

    thanks infonya….. sangat bermanfaat……

  5. cold call 26 November 2012 pukul 11:56 am

    Great blog right here! Additionally your website so much up fast!
    What host are you the usage of? Can I get your affiliate link in your host?
    I desire my website loaded up as quickly as yours lol

  6. cash 3 Agustus 2013 pukul 3:53 am

    Great info. Lucky me I discovered your site by chance (stumbleupon).
    I’ve saved it for later!

  7. personal loan 4 Agustus 2013 pukul 3:44 pm

    I do not know whether it’s just me or if everybody else encountering issues with your blog. It seems like some of the written text within your content are running off the screen. Can somebody else please provide feedback and let me know if this is happening to them as well? This could be a problem with my web browser because I’ve had this happen before.
    Kudos

  8. ardy 27 September 2013 pukul 11:19 pm

    bang., makasi ya tips-nya. tapi ane masih o’on kalo masalah COD,.,
    kalo sampai software berlisensi kayaknya masih butuh duit..-_-”
    Yang penting ini info sippp banget dah., bisa bikin move on lagi.🙂

  9. arievstt 13 Maret 2014 pukul 1:10 am

    Sangat membantu……… thanks ..!

  10. Ibnu Haris Fawaid 24 Februari 2015 pukul 10:27 pm

    Terimakasih mas , artikelnya sangat membantu dan menginspirasi.. sukses!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: