Tips Inteview Di Dunia IT

Siapa bilang jaman sekarang ini cari kerja susah. Pada kenyataannya di koran-koran saat ini banyak ada lowongan pekerjaan untuk berbagai posisi. Di mailing list head hunter atau lowongan pekerjaan juga setiap hari ditawarkan berbagai posisi yang lowong. Untuk karir di bidang TI sendiri saat ini masih terbuka lebar dan ini dikarenakan semua organisasi pasti membutuhkan tenaga TI untuk operasional bisnisnya.

Kesempatan berkarir di bidang TI memang masih menjadi favorit karena dunia TI menjanjikan masa depan yang cerah, baik untuk berkarir di perusahaan maupun juga mendirikan usaha sendiri. Tulisan kali ini kami akan mencoba berbagi beberapa tips interview pekerjaan di perusahaan TI. Mengapa penulis tertarik untuk menulis mengenai hal ini? Kunci dari suksesnya seorang kandidat untuk masuk ke perusahaan apapun, termasuk perusahaan TI sebenarnya ada tiga hal, yaitu:

  1. Skill yang bagus dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan
  2. Baik dalam merancang resume atau CV yang menarik
  3. Sukses berkomunikasi dan negosiasi ketika interview

Ketika Anda dipanggil interview oleh suatu perusahaan itu berarti Anda sudah sukses melalui tahap screening awal. Interview sendiri bentuknya bisa macam-macam. Ada yang lewat telepon ataupun juga face-to-face atau tatap muka langsung. Interview lewat telepon sering dilakukan jika keadaannya benar-benar urgent dan untuk mengetahui awal secara awal skill komunikasi yang dimiliki kandidat. Sekarang mari kita simak beberapa tips singkat seputar menghadapi interview pekerjaan khususnya dalam bidang TI.

1. Pahami dan kuasai core business perusahaan yang meng-interview Anda.
Begitu Anda mendapat panggilan interview dari suatu perusahaan TI, maka langkah awal yang sebaiknya Anda lakukan adalah melakukan riset mengenai seluk beluk perusahaan tersebut. Caranya mudah yaitu Anda bisa mengetahui profil perusahaan TI tersebut melalui situsnya di internet atau juga bisa bertanya ke rekan-rekan Anda mengenai perusahaan tersebut melalui instant messenger seperti Yahoo! Messenger atau MSN Messenger misalnya. Ini sangat penting karena kebanyakan para pelamar atau kandidat terkadang tidak paham dengan profil perusahaan. Padahal biasanya si pewawancara pasti menanyakan pertanyaan “Apa yang Anda ketahui mengenai perusahaan kami?”. Perusahaan terang saja lebih suka dengan kandidat yang minimal mengerti sedikit mengenai profil perusahaan yang dilamarnya. Dengan mengerti hal tersebut maka peluang Anda untuk maju lebih besar lagi. Di sisi Anda juga akan lebih menguntungkan karena akan memperlancar jalannya interview. Misalnya Anda dipanggil interview oleh Microsoft, maka Anda harus mengerti apa saja yang dikerjakan oleh Microsoft, apa saja produk-produk unggulannya dan lain sebagainya.
2. Pahami dan kuasai posisi pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan.
Ketika Anda melamar suatu posisi di bidang IT maka sebaiknya Anda harus paham dengan posisi yang ditawarkan, maksudnya dari sisi job description-nya secara global dan sedapat mungkin cocok dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Misalnya saja perusahaan X membutuhkan programmer PHP yang mengerti database MySQL dan juga pengalaman dengan XML, maka sebaiknya Anda sudah harus berpengalaman dengan hal-hal tersebut dan lebih baik dijelaskan pula apakah pengalaman tersebut digunakan pada pekerjaan sebelumnya atau hanya pernah menggunakannya untuk kepentingan personal.

3. Update pengetahuan Anda mengenai perkembangan dunia TI.
Selain mengetahui secara teknis mengenai scope calon pekerjaan Anda di calon perusahaan yang baru, maka sebaiknya Anda juga mengerti mengenai tren seputar dunia TI. Si pewawancara terkadang menanyakan tren apa yang saat ini berkembang di dunia TI. Ini adalah nilai plus bagi Anda.

Demikian tips interview ketika melamar ke perusahaan TI, selanjutnya banyak biasanya pertanyaan yang umum seperti “Mengapa Anda keluar dari perusahaan yang sekarang?”. Ini mudah saja jawabnya, “Saya mencari benefit yang lebih bagus, pekerjaan yang lebih menantang dan juga pengalaman baru yang bisa menambah wawasan saya.”.

Jangan lupa pula siapkan perlengkapan umum, seperti ballpoint, karena mungkin saja ada formulir atau sesuatu yang harus dijelaskan secara tertulis. Selain itu jangan lupa juga berpakaian yang rapi, karena biar bagaimanapun dan diperusahaan apapun pasti menginginkan karyawannya berpenampilan rapi dan menarik.

Ketika Anda diberi kesempatan untuk bertanya, maka gunakanlah untuk bertanya berbagai hal yang Anda ingin tanyakan, misalnya seperti:

  • Pada industri apa saja client dari perusahaan ini?
  • Bagaimana prospek ke depan dari perusahaan ini?
  • Apa saja core business dari perusahaan ini?
  • dan lain sebagainya

Referensi

* Dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi.

Tagged: ,

One thought on “Tips Inteview Di Dunia IT

  1. Anglea 7 Oktober 2014 pukul 1:41 am

    It’s going to be end of mine day, but before finish I am
    reading this great post to increase my experience.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: